Selasa, 30 November 2010

Manual Book Perawatan

Perkembangan teknologi khususnya dibidang otomotif sangat pesat sekali. Hal ini memberikan banyak kemudahan bagi pengguna teknologi otomotif. Namun lain halnya bagi para teknisi otomotif yang harus belajar keras untuk mengimbangi kemajuan teknologi tersebut. perkembangan teknologi otomotif lebih pada bidang elektric. Pada era dulu kalau teknisi bekerja melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan dengan tidak melihat Buku Manual Perawatan dianggap sangat hebat, namun tidak era sekarang karena setiap kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda, maka sudah seharusnya teknisi memperhatikan Buku Manual Perawatan dan Perbaikan. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam penyetelan, pemasangan, pengukuran dll.

Senin, 08 November 2010

Turut Bersedih

Kami turut sedih atas semua penderitaan yang dialami masyarakat disekitar merapi. semoga Tuhan tidak memberikan cobaan kepada hambaNya diluar kemampuan hambaNya. Semoga Kita semua diberikan kekuatan untuk menghadapi berbagai cobaan tersebut.
Semoga yang telah meninggal mendapat tempat yang layak disisiNya, kepada semua keluarga kami di Yogya semoga diberikan kekuatan dan keselamatan.

Kamis, 18 Maret 2010

SELAMAT HARI RAYA NYEPI

Om Swastyastu,
saya mengucapkan "selamat merayakan Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1930",(kepada yang merayakan) semoga dengan melaksanakan catur brata penyepian pada diri kita semua akan tumbuh dan berkembang rasa cinta kasih, sehingga Atas asung kerta wara nugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) kedamaian semua umat manusia dapat tercapai.
Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

Makanan Sehat Setelah Sakit

Rasanya sedih jika sang buah hati sakit. Merasa panic saat suhu badannya tinggi atau merasa bersalah karena kurang memperhatikan si buah hati sampai jatuh sakit. Memperhatikan supan makana adalah solusi tepat untuk menjaga kesehatan si kecil, terlebih pada masa penyembuhan.
Banyak peneliti menunjukkan bahwa memperhatikan asupan makanan akan membuat si kecil lekas sembuh, dengan memenuhi vitamin dan gizi yang cukup.
Pada masa penyembuhan biasanya si kecil jadi sulit sekali makan, untuk menyiasatinya anda bisa mencoba yang berikut untuk mengembalikan nafsu makan si kecil.
1. Stop gorengan dan santan sementara
Hindari makanan yang mengandung santan dan gorengan untuk masa penyembuhan si kecil, pasalnya gorengan dan santan akan menimbulkan efek mual bagi mereka yang sakit atau baru sembuh. Berikan asupan gizi dari sayuran yang berkuah, selain sehat , sayur berkuah lebih cepat dicerna.
2.Makanan menarik yang memikat
Biasanya anak-anak paling suka dengan hal-hal yang lucu. Ini bisa dijadikan acuan untuk menarik simpati mereka misalnya menyajikan makanan dengan bentuk wajah orang yang dihias dengan sayuran atau tempatkan makanan pada wadah kesukaanya
3.Sedikit tapi sering
Jangan paksakan si kecil untuk menghabiskan makanannya jika ia sudah berulang kali menolak. Perlahan-lahan tetapi pasti, itu yang harus diterapkan, karena bagaimanapun masa penyembuhan anak berbeda dengan orang dewasa. Lebih baik anda memberinya dalam porsi sedikit namun frekuensi pemberiannya lebih sering. Hal ini akan mengatasi kebosanan anak sekaligus agar makanan tidak mubazir atau terbuang percuma
4.Ceriakan si kecil
Jangan buat tegang si kecil saat makan, ciptakan suasana rileks dengan bercerita atau mendongeng hal-hal yang lucu agar si kecil pun terhibur
5.Makanan sehat
Berikan si kecil sayuran yang sehat, bervitamin, mengandung karbohidrat dan berserat tinggi. Makanan sehat akan mempercepat penyembuhannya si kecil dan mengembalikan kondisi badan. Sertakan juga buah untuk camilan sehatnya (balipost, 2 maret 2010)

Selasa, 09 Februari 2010

Menggunakan Moodle Untuk E-Learning

PENDAHULUAN

Media pembelajaran e-learning menyediakan beberapa lapisan pengguna (user) yang akan menggunakan sarana atau fasilitas e-learning sesuai level. Secara umum ada perbedaan antara seorang guru dan siswa, dimana guru mempunyai wewenang untuk membuat, mengedit dan mengatur semua jenis pembelajaran yang diasuhnya, sedangkan siswa hanya bisa mengakses pelajaran yang sudah disediakan oleh guru pengajar sesuai batasan, tugas yang ditentukan oleh guru.

Secara umum Moodle menyediakan dua jenis kegiatan yang dapat ditampilan oleh guru pengajar yakni berupa Resource dan Aktivity. Adapun aktifitas yang disediakan oleh Moodle antara lain;

1. Assignment (Penugasan), dengan media ini guru dapat memberikan tugas yang mengharuskan siswa mengirim (upload) file-file tugas, laporan, dll. Jenis file yang dapat dikirim seperti file word, spreadsheets, images, audio, video. Selanjutnya guru dapat melihat dan menilai tugas yang telah dikirim oleh siswa.

2. Chat (Ruang obrolan), dengan aktivitas ini guru atau siswa dapat saling berkomunikasi dengan chating.

3. Choices ( Pilihan/polling), media ini untuk membuat sebuah pertanyaan dan menyediakan beberapa pilihan jawaban, berfungsi sebagai poling terhadap PBM, atau hal lain terkait pelajaran.

4. Forum ( Obrolan secara forum), sama dengan chat, guru dan siswa dapat berinteraksi satu sama lain secara real time. Setiap member yang tergabung dalam forum akan menerima salinan dari posting di email mereka. Forum ini juga dapat digunakan untuk menyampaikan pengumuman.

5. Database activity, dengan aktivitas ini, guru atau siswa dapat membuat, melihat, mencari bank data mengenai topic. Guru dapat menyediakan modul-modul berupa file *.zip, *.pdf, dll.

6. Glossary ( Kosakata), pada aktivitas ini peserta dapat membuat kumpulan / daftar pengertian-pengertian kata seperti kamus. Data yang dimasukan dapat berasal dari berbagai format dan secara otomatis dapat dibuat link ke materi lain.

7. Lesson ( Pelajaran), guru dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhiri setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban.

8. Guizzes ( Kuis), guru dapat mendesain kumpulan soal. Soal dapat berupa pilihan ganda, soal esay, menjodohkan, jawaban singkat, pertanyaan benar-salah dll. Selain dibuat langsung di moodle, soal juga dapat diimport dari soal yang sudah dibuat namun dengan format tertentu, seperti *.txt.

9. Surveyss ( Angket), merupakan questioner atau angket yang dapat digunakan sebagai bahan pelajaran ataupun kritikan bagi guru maupun terhadap course yang dilaksanakan. Sehingga kinerja guru dan isi dari course dapat diperbaiki diwaktu mendatang.

10. Wikis (Atikel), guru dan siswa dapat membuat kumpulan artikel atau tulisan yang berhubungan dengan pelajaran.

Resources yang disediakan meliputi :

1. Compose a texts page, dengan resource ini guru dapat membuat tulisan yang hanya berisi teks.

2. Compose a web page, dengan resources ini guru dapat membuat sebuah halaman web lengkap, tulisan yang berisi gambar, table

3. Link to a file or web site, menu ini memiliki dua fungsi yaitu digunakan untuk membuat link dari sebuah file yang telah kita buat seperti file presentasi, pdf, excel,word dll dan juga dapat membuat link atau hubungan dengan website lain yang berhubungan dengan materi pelajaran.

4. Insert a label, resource ini berguna sebagai instruksi pendek yang menginformasikan kepada siswa apa yang harus dilakukan kemudian.

5. Display a directory, siswa dapat melihat seluruh directory atau sub directory dari course yang dibuat.

Untuk dapat menggunakan e-learning yang disediakan, seorang guru atau siswa harus terdaftar sebagai anggota. Moodle menyediakan sarana pendaftaran secara langsung dengan mengisi form yang disediakan oleh moodle. Setelah mengisi form dengan lengkap, siswa harus menunggu komfirmasi terlebih dulu oleh administrator. Apabila sudah terdaftar, siswa maupun guru dapat masuk ke e-learning dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat sendiri. Khusus untuk username dan password harus selalu diingat. Untuk pembuatan password atau sandi, sandi terdiri minimal 8 karakter dengan kombinasi, hurup besar, hurup kecil, angka, karakter. Pengiriman data atau file berupa gambar, modul, video harus memenuhi batas maksimal uploading file yaitu 2 Mb.

Adapun pembahasan yang disampaikan pada modul penggunaan e-learning smkn3 singaraja ini bersifat terbatas. Untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan bapak dan ibu guru berkolaborasi untuk menampilkan masing-masing pelajaran yang diasuhnya.

1. Melalui web browser internet explorer atau mozilla firefox, ketikkan alamat web e-learning pada address box: http://elearning.stemsi.edu

2. Setelah beberapa saat akan muncul tampilan halaman web seperti dibawah ini. Selanjutnya klik Silahkan daftar untuk jadi anggota baru pada bagian pojok kanan atas


3. Selanjutnya akan muncul tampilan homepage seperti berikut. (a). isilah biodata yang diperlukan sampai finish. Ingat: Pasword harus berisi hurup besar, hurup kecil, angka, serta symbol dan minimal 8 karakter.


3. b. Jika sudah memiliki Account maka langsung login yaitu ketikan Nama Pennguna dan password anda, lalu klik tombol login. Hal ini dilakukan setiap kali Bapak Ibu akan melakukan editing dari materi pelajaran yang diajarkan.


4. Untuk pengguna sebagai guru, berhak untuk melakukan editing terhadap pembelajaran yang dibuat, diasuhnya. Untuk dapat melakukan pengeditan, maka pilih Mata pelajaran yang diasuh sehingga akan masuk ke halaman pelajaran seperti pada gambar berikut.


Klik Hidupkan mode Ubah pada pojok kanan atas, lalu dihalaman bagian tengan akan muncul 2 menu yaitu “add a course”(tambah sumber) dan “add a activity” (tambah aktivitas).dan selanjutnya kita dapat memasukkan materi.


Melakukan perubahan terhadap settingan pelajaran

1. Klik “Pengaturan” pada bagian sebelah kiri bawah


2. Lakukan perubahan pada bagian seperti gambar berikut.


2a. Ketikan nama sub kompetensi yang akan ditampilkan pada kolom Full Name, ketikan juga kode atau short namenya.

Pada kolom Summary, ketikan penjelasan mengenai materi yang dibahas pada course ini.


Pada bagian Enrolments, anda dapat menentukan model kursus yakni bersifat tanpa batas atau dibatasi. Untuk membatasi siswa dalam mengakses atau mengikuti pelajaran ini sesuai waktu yang ditentukan, maka tentukan Enrolment duration sesuai waktu yang ditentukan. Termasuk tanggal mulai dan akhir dapat ditentukan sendiri.


Jika sudah selesai mengisi jangan lupa meng-klik save changes untuk menyimpan

BAHAYA GORENGAN DAN KERTAS PEMBUNGKUSNYA

Penganan gorengan menjadi jajanann favorit banyak orang. Rasa gurih dan garing berpadu apik dilidah dan menjadi candu tersendiri. Gorengan dibungkus kertas bekas ataupun kantong plastic berwarna, maka efek buruk kesehatan yang ditimbulkan bisa berlipat ganda.

Para pecinta gorengan, waspadailah gorengan berwarna gelap dan bertekstur lebih keras dari kondisi normal. Kemungkinan gorengan itu merupakan sisa dagangan yang tidak habis terjual pada hari sebelumnya kemudian digoreng ulang oleh penjual. Sebab, tak sedikit penganan gorengan yang diolah dengan minyak goring yang telah dipakai berulang kali alias minyak jelantah.

Kualitas minyak jelantah sangat menurun dari minyak goring baru. Minyak jelantah mengeluarkan kandungan polimer yang dapat terserap dalam penganan berupa asam lemak trans. Dalam minyak jelantah terdapat zat radikal bebas seperti peroksida dan epioksida yang bersifat mutagen dan karsinogen sehingga berisiko terhadap kesehatan manusia. Misalnya, hasil peroksida pada minyak jelantah mengakibatkan pemanasan suhu tinggi hingga gangguan kesehatan, terutama yang berhubungan dengan metabolisme kolesterol.

Kertas bekas seperti Koran, majalah atau kertas yang sudah tercampur tinta sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia karena di dalam tinta terdapat timbale yang bersifat racun. Jika terkena panas atau minyak dari gorengan, tinta dapat larut dalam makanan.

Bahaya akut

Gorengan terpapar timbale yang dimakan menyebabkan rasa terbakar pada mulut dan kerongkongan, pengeluaran air liur berlebihan, sakit perut disertai rasa mules yang hebat, muntah, diare dengan tinja berwarna hitam, berdarah, susah buang air besar, merasa kelelahan, gangguan tidur, gelisah, lekas marah, gangguan ginjal, gangguan otak dengan penglihatan, kesemutan, kejang hingga kelumpuhan. Kematian dapat terjadi akibat kegagalan jantung.

Jika tertelan, paparan timbale yang dikomsumsi berulang dalam jangka lama meski sedikit, menyebabkan akumulasi dalam jaringan tubuh, yaitu pada tulang, gigi, hingga otak dan dapat menimbulkan efek pada ginjal, hati, darah saraf, alat reproduksi dan endokrin dari system kekebalan. Tahap awal dari keracunan timbale ditunjukan dengan kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan (Balipost, 9 Februari 2010)

Pertajam Penglihatan, Pilih Makanan Tepat

Sejumlah pilihan gaya hidup, seperti tidak merokok, ditengarai mampu melindungi orang dari serangan age-related macular degeneration (AMD). AMD adalah gangguan penglihatan yang menyerang seiring bertambahnya usia

Gangguan ini mengakibatkan pandangan kabur dan seiring waktu membuat orang sulit membaca, mengendarai kendaraan atau bahkan mengenali wajah. AMD menyebabkan kebutaan pada orang berusia di atas 60 tahun. Menurut Rache K. Johnson, profesor nutrisi pada University of Vermont, beberapa jenis makanan mampu membentengi mata dari AMD, berikut diantaranya:

  1. Tambah pemasukan antioksidan. Banyak kajian menunjukan bahwa dengan antioksidan rendah cenderung mudah mengalami AMD dibandingkan mereka yang mengkonsumsi banyak sumber antioksidan. Antioksidan termasuk vitamin C (jeruk, kiwi dan brokoli), vitamin E (minyak sayur, kacang-kacangan dan alpukat) serta lutein dan zeaxanthin-nutrisi yang terdapat pada daun berwarna hijau (bayam, kangkung, sawi). Antioksidan memberantas radikal bebas sehingga sel-sel tubuh mendapatkan asupan oksigen dengan lebih baik, termasuk mata. Sementara lutein dan zeaxanthin ibarat sunglasses alami yang membantu membentuk pigmen macular untuk menyaring efek buruk sinar matahari.
  2. Makan kuning telur, kebanyakan orang menjauhi kuning telur karena khawatir dengan kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi, padahal kuning telur kaya lutein dan zeaxanthin. Thomas Wilson,Ph.D., peneliti pada center for Health and Disease Research, University of Massachusettes-Lowell menegaskan, mereka yang mengonsumsi telur dua kali secara signifikan lutein dan zeaxanthin-nya meningkat, tanpa mendongkrak junlah LDL atau kolesterol jahat.
  3. Ikan berlemak. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 88 ribu partisipan menegaskan bahwa setidaknya dua porsi ikan berlemak (salmon, sarden, mackerel, ikan baring) setiap minggu, maka sepertiga lebih kecil memungkinkan untuk mengembangkan AMD dari pada mereka yang tidak. Kandungan asam lemak omega-3 khusunya DHA dalam ikan adalah komponen kunci sel saraf dalam retina
  4. suplemen. Bentuk suplemen dosis tinggi dengan kandungan beberapa nutrien di dalamnya membantu tubuh mengurangi resiko AMD secara signifikan. Kalau anda berisiko terhadap AMD, bicarakan pada dokter mata untuk mengonsumsi suplemet “formula kesehatanmata”. Suplemet ini mengandung 10 mg lutein (setara dengan 3 cangkir bayam), 2 mg zeaxanthin, dan 1 gr total EPA dan DHA (setara dengan mengonsumsi 3 ons salmon). Tapi ingat, konsumsilah suplemen hanya jika dibutuhkan berdasarkan pertimbangan medis.
  5. Kontrol tekanan darah dan berat badan. Menurut American Academy of Ophthalmology, orang dengan tekanan darah tinggi cenderung mudah terkena AMD. Sebabnya adalah peningkatan tekanan darah merusak pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke mata. Akhirnya sulit bagi gizi yang dibawa oleh darah untuk memberikan perlindungan pada retina. Lemak tubuh adalah gudang penyimpanan nutrisi yang larut dalam lemak, dan kelebihan jaringan lemak membuat macula kekurangan beberapa nutrisi pelindung mata. (Balipost,2 Februari 2010)