Selasa, 09 Februari 2010

Menggunakan Moodle Untuk E-Learning

PENDAHULUAN

Media pembelajaran e-learning menyediakan beberapa lapisan pengguna (user) yang akan menggunakan sarana atau fasilitas e-learning sesuai level. Secara umum ada perbedaan antara seorang guru dan siswa, dimana guru mempunyai wewenang untuk membuat, mengedit dan mengatur semua jenis pembelajaran yang diasuhnya, sedangkan siswa hanya bisa mengakses pelajaran yang sudah disediakan oleh guru pengajar sesuai batasan, tugas yang ditentukan oleh guru.

Secara umum Moodle menyediakan dua jenis kegiatan yang dapat ditampilan oleh guru pengajar yakni berupa Resource dan Aktivity. Adapun aktifitas yang disediakan oleh Moodle antara lain;

1. Assignment (Penugasan), dengan media ini guru dapat memberikan tugas yang mengharuskan siswa mengirim (upload) file-file tugas, laporan, dll. Jenis file yang dapat dikirim seperti file word, spreadsheets, images, audio, video. Selanjutnya guru dapat melihat dan menilai tugas yang telah dikirim oleh siswa.

2. Chat (Ruang obrolan), dengan aktivitas ini guru atau siswa dapat saling berkomunikasi dengan chating.

3. Choices ( Pilihan/polling), media ini untuk membuat sebuah pertanyaan dan menyediakan beberapa pilihan jawaban, berfungsi sebagai poling terhadap PBM, atau hal lain terkait pelajaran.

4. Forum ( Obrolan secara forum), sama dengan chat, guru dan siswa dapat berinteraksi satu sama lain secara real time. Setiap member yang tergabung dalam forum akan menerima salinan dari posting di email mereka. Forum ini juga dapat digunakan untuk menyampaikan pengumuman.

5. Database activity, dengan aktivitas ini, guru atau siswa dapat membuat, melihat, mencari bank data mengenai topic. Guru dapat menyediakan modul-modul berupa file *.zip, *.pdf, dll.

6. Glossary ( Kosakata), pada aktivitas ini peserta dapat membuat kumpulan / daftar pengertian-pengertian kata seperti kamus. Data yang dimasukan dapat berasal dari berbagai format dan secara otomatis dapat dibuat link ke materi lain.

7. Lesson ( Pelajaran), guru dapat membuat aktifitas yang berisi konten yang menarik dan fleksibel. Lesson terbagi menjadi beberapa halaman dan diakhiri setiap halaman biasanya terdapat pertanyaan yang memiliki beberapa jawaban.

8. Guizzes ( Kuis), guru dapat mendesain kumpulan soal. Soal dapat berupa pilihan ganda, soal esay, menjodohkan, jawaban singkat, pertanyaan benar-salah dll. Selain dibuat langsung di moodle, soal juga dapat diimport dari soal yang sudah dibuat namun dengan format tertentu, seperti *.txt.

9. Surveyss ( Angket), merupakan questioner atau angket yang dapat digunakan sebagai bahan pelajaran ataupun kritikan bagi guru maupun terhadap course yang dilaksanakan. Sehingga kinerja guru dan isi dari course dapat diperbaiki diwaktu mendatang.

10. Wikis (Atikel), guru dan siswa dapat membuat kumpulan artikel atau tulisan yang berhubungan dengan pelajaran.

Resources yang disediakan meliputi :

1. Compose a texts page, dengan resource ini guru dapat membuat tulisan yang hanya berisi teks.

2. Compose a web page, dengan resources ini guru dapat membuat sebuah halaman web lengkap, tulisan yang berisi gambar, table

3. Link to a file or web site, menu ini memiliki dua fungsi yaitu digunakan untuk membuat link dari sebuah file yang telah kita buat seperti file presentasi, pdf, excel,word dll dan juga dapat membuat link atau hubungan dengan website lain yang berhubungan dengan materi pelajaran.

4. Insert a label, resource ini berguna sebagai instruksi pendek yang menginformasikan kepada siswa apa yang harus dilakukan kemudian.

5. Display a directory, siswa dapat melihat seluruh directory atau sub directory dari course yang dibuat.

Untuk dapat menggunakan e-learning yang disediakan, seorang guru atau siswa harus terdaftar sebagai anggota. Moodle menyediakan sarana pendaftaran secara langsung dengan mengisi form yang disediakan oleh moodle. Setelah mengisi form dengan lengkap, siswa harus menunggu komfirmasi terlebih dulu oleh administrator. Apabila sudah terdaftar, siswa maupun guru dapat masuk ke e-learning dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat sendiri. Khusus untuk username dan password harus selalu diingat. Untuk pembuatan password atau sandi, sandi terdiri minimal 8 karakter dengan kombinasi, hurup besar, hurup kecil, angka, karakter. Pengiriman data atau file berupa gambar, modul, video harus memenuhi batas maksimal uploading file yaitu 2 Mb.

Adapun pembahasan yang disampaikan pada modul penggunaan e-learning smkn3 singaraja ini bersifat terbatas. Untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan bapak dan ibu guru berkolaborasi untuk menampilkan masing-masing pelajaran yang diasuhnya.

1. Melalui web browser internet explorer atau mozilla firefox, ketikkan alamat web e-learning pada address box: http://elearning.stemsi.edu

2. Setelah beberapa saat akan muncul tampilan halaman web seperti dibawah ini. Selanjutnya klik Silahkan daftar untuk jadi anggota baru pada bagian pojok kanan atas


3. Selanjutnya akan muncul tampilan homepage seperti berikut. (a). isilah biodata yang diperlukan sampai finish. Ingat: Pasword harus berisi hurup besar, hurup kecil, angka, serta symbol dan minimal 8 karakter.


3. b. Jika sudah memiliki Account maka langsung login yaitu ketikan Nama Pennguna dan password anda, lalu klik tombol login. Hal ini dilakukan setiap kali Bapak Ibu akan melakukan editing dari materi pelajaran yang diajarkan.


4. Untuk pengguna sebagai guru, berhak untuk melakukan editing terhadap pembelajaran yang dibuat, diasuhnya. Untuk dapat melakukan pengeditan, maka pilih Mata pelajaran yang diasuh sehingga akan masuk ke halaman pelajaran seperti pada gambar berikut.


Klik Hidupkan mode Ubah pada pojok kanan atas, lalu dihalaman bagian tengan akan muncul 2 menu yaitu “add a course”(tambah sumber) dan “add a activity” (tambah aktivitas).dan selanjutnya kita dapat memasukkan materi.


Melakukan perubahan terhadap settingan pelajaran

1. Klik “Pengaturan” pada bagian sebelah kiri bawah


2. Lakukan perubahan pada bagian seperti gambar berikut.


2a. Ketikan nama sub kompetensi yang akan ditampilkan pada kolom Full Name, ketikan juga kode atau short namenya.

Pada kolom Summary, ketikan penjelasan mengenai materi yang dibahas pada course ini.


Pada bagian Enrolments, anda dapat menentukan model kursus yakni bersifat tanpa batas atau dibatasi. Untuk membatasi siswa dalam mengakses atau mengikuti pelajaran ini sesuai waktu yang ditentukan, maka tentukan Enrolment duration sesuai waktu yang ditentukan. Termasuk tanggal mulai dan akhir dapat ditentukan sendiri.


Jika sudah selesai mengisi jangan lupa meng-klik save changes untuk menyimpan

Tidak ada komentar: