Senin, 27 Desember 2010

20 Ciri-ciri Orang Inovatif

Mitchell Ditkoff, Direktur dari Idea Champions, mengetengahkan tentang kualitas dari seorang inovator, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
Challenges status quo;
tidak merasa cepat puas dengan keadaan yang ada dan selalu mempertanyakan otoritas dan rutinitas serta mengkonfrontasikan asumsi-asumsi yang ada.
Curious;
senantiasa mengeksplorasi lingkungannya dan menginvestigasi kemungkinan-kemungkinan baru, memiliki rasa kekaguman (sense of awe)
Self-motivated;
tanggap terhadap kebutuhan dari dalam (inner needs) senantiasa secara proaktif memprakarsai proyek-proyek baru, menghargai setiap usaha.
Visionary;
memiliki imaginasi yang tinggi dan memiliki pandangan yang jauh ke depan.
Entertains the fantastic;
memunculkan ide-ide “gila”, memandang sesuatu yang tidak mungkin menjadi sebuah kemungkinan, memimpikan dan menghayalkan sesuatu yang besar-besar.
Takes risks;
melampaui wilayah yang dianggap menyenangkan, berani mencoba dan menanggung kegagalan.
Peripatetic;
merubah lingkungan kerja sesuai yang dibutuhkan, senang melakukan perjalanan (travelling) untuk memperoleh inspirasi atau pemikiran segar.
Playful/humorous;
memliki ketertarikan terhadap hal-hal yang aneh dan mengagumkan, berani tampil beda, bertindak nekad, serta mudah dan sering tertawa layaknya seorang anak kecil.
Self-accepting;
dapat mempertahankan ide-idenya dan menganggap “kesempurnaan sebagai musuh kebaikan”, tidak terikat dengan apa-apa yang diipandang baik menurut orang lain.
Flexible/adaptive:
terbuka bagi setiap perubahan, mampu melakukan penyesuaian terhadap rencana-rencana yang telah dibuat, menyajikan berbagai solusi dan gagasan
Makes new connections;
mampu melihat hubungan-hubungan diantara unsur-unsur yang terputus, mensintesakan dan mengkombinasikannya.
Reflective:
menginkubasi setiap masalah dan tantangan, mencari dan merenungkan berbagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.
Recognizes (and re-cognizes) patterns;
perseptif terhadap sesuatu dan dapat membedakannnya, dapat melihat kecenderungan dan prinsip serta mampu mengorganisasikannnya, dapat melihat ”the Big Picture.”
Tolerates ambiguity,
merasa nyaman dalam situasi kacau (chaos), dapat menyajikan situasi paradoks, tidak tergesa-gesa membenarkan terhadap suatu ide yang muncul.
Committed to learning;
berusaha mencari pengetahuan secara terus menerus, mensintesakan segala in put, menyeimbangkan setiap informasi yang terkumpul dan menyelaraskan setiap tindakan.
Balances intuition and analysis :
memilih dan memilah diantara pemikiran divergen dan pemikiran konvergen, memiliki intuisi tertentu sebelum melakukan analisis, meyakini apa yang sudah dianalisis dan menggunakannya secara hati-hati dengan menggunakan akal.
Situationally collaborative;
berusaha menyeimbangkan pemikiran dari setiap individu, membuka pelatihan dan mencari dukungan organisasi.
Formally articulate;
mengkomunikasikan setiap gagasan secara efektif, menterjemahkan konsep abstrak ke dalam bahasa penuh arti, menciptakan prototype atau model yang dianggap paling mudah
Resilient;
merefleksi hal-hal dianggap mengecewakan atau yang tidak dinginkan, belajar dengan cepat dari umpan balik, berkemauan untuk mencoba dan terus mencoba lagi
Sumber: http://thinksmart.com/articles/qualities.html

MAKANAN PEREDA STRESS

Kesibukan dan tekanan pekerjaan sehari-hari tanpa disadari kerap kali membuahkan stress. Ada banyak pelarian untuk meredakan stress, salah satunya makanan. Apa makanan favorit pilihan anda sebagai pereda stress? Kebanyakan orang mungkin memilih es krim atau coklat sebagai favorit pereda stress. Sering kali upaya mengalihkan stress lewat makanan dapat menimbulkan rasa nyaman. Seperti memilih buah-buahan atau minum teh atau mengurangi kopi.
Beberapa cara mengurangi stress, antara lain:
1. Makan daging
Daging merah? Kebanyakan dari kita menghindari makan daging. Tetapi tunggu dulu sebenarnya daging punya efek positif untuk tubuh. Daging mengandung zat besi, vitamin B dan zinc. Semua zat ini dibutuhkan untuk mengurangi tingkat stress. Namun jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah dapat menyebabkan jantung dan kolesterol. Jadi konsumsi dalam jumlah sedang
2. Kurangi kopi
Tentu saja satu cangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan semangat berangkat ke kantor. Tetapi kopi juga punya andil dalam meningkatkan stress. Kafein membuat tubuh melepaskan hormone stress yang makin meningkat dan membuat tubuh dalam tingkat stress yang tetap. Mengurangi konsumsi kafein akan mengurangi jumlah hormone yang dilepaskan kelenjar andrenal dan membuat anda tidak terlalu merasakan tekanan.
3. Minum segelas susu
Menambahkan susu dalam diet menjadi salah satu cara erbaik untuk memberikan apa yang dibutuhkan tubuh. Selain dapat membuat anda tetap merasa tenang. Segelas susu menambah asupan anti oksidan, vitamin B, protein dan kalsium pada tubuh anda. Semua zat ini penting bagi kesadaran anda.
4. Konsumsi ikan
Ikan, khususnya tuna dan salmon dalam menu akan membantu anda tetap dijalur bebas stress. Jenis ikan ini mengandung vitamin B yang berguna untuk meningkatkan serotonin, zat yang berguna dalam mencegah depresi. Masukan menu ikan ini dalam diet setidaknya dua kali dalam seminggu.
5. Makan teratur
Diet untuk meredakan stress sebenarnya mudah dilakukan. Terpenting usahakan untuk selalu makan makanan alami, hindari makanan instant atau yang sudah diproses dipabrik. (Balipost, Senin, 14 Desember 2009)

MEMBUAT AKTIVITAS/KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MOODLE

Aktivitas yang dapat dibuat pada moodle ada beberapa meliputi sebagai berikut:
» Penugasan (assignments)
- Upload a single file atau Advanced uploading a files (pengiriman tugas berupa file)
- Online Activity (penugasan dinilai secara online dengan cara tugas diketik langsung)
- Offline Activity (penugasan dengan penilaian di kelas seperti pidato)
» Percakapan (Chat)
» Polling sederhana (Choice)
» Bank data (database)
» Forum (forum)
» Daftar pengertian (glossary )
» Pertanyaan (Quis)

- Calculate (perhitungan)
- Description (penjelasan singkat)
- Essay (esai)
- Macthing (menjodohkan)
- Multiple choise (pilihan ganda)
- Short answer (jawaban singkat)
- Numerical (bilangan)
- True-false (benar salah)
- Random short answer –Macthing (menjodohkan jawaban singkat secara acak)
» PBM (lesson)
» Quisioner atau angket (survey)

Berikut diuraikan tahapan membuat masing-masing aktivitas.
1.a. Penugasan upload file
Caranya sebagai berikut :
» Klik drop down Add an Activity
» Pilih upload a single file atau Advance uploading of files pada Assignment
» Isilah assignment name dengan nama penugasan
» Isilah description dengan kalimat atau keterangan sebagai uraian tentang tugas yang diberikan kepada siswa
» Isilah grade untuk memberikan penilaian maksimal
» Isilah available date untuk menentukan kapan tugas dimulai dan berakhir
» Isilah prevent late submission untuk mengantisipasi siswa yang terlambat menyelesaikan tugas
» Pilihlah yes/no pada allow resubmitting, apabila kita tidak atau membolehkan siswa mengumpulkan tugas ganda
» Pilihlah yes/no pada email alert to teacher, apabila kita tidak/membolehkan pemberitahuan melalui email kepada guru ketika siswa mengumpulkan tugas
» Klik save and return to course atau save to display untuk menyimpan perubahan
» Apabila ada siswa yang telah mengumpulkan tugas, maka dapat dilihat pada sudut atas kanan

1.b. Penugasan Online Activity
Caranya sebagai berikut :
» Klik drop down Add an Activity
» Pilih online activity pada Assignment
» Isilah assignment name dengan nama penugasan
» Isilah description dengan kalimat atau keterangan sebagai uraian tentang tugas yang diberikan kepada siswa
» Isilah grade untuk memberikan penilaian maksimal
» Isilah available date untuk menentukan kapan tugas dimulai dan berakhir
» Isilah prevent late submission untuk mengantisipasi siswa yang terlambat menyelesaikan tugas
» Pilihlah yes/no pada allow resubmitting, apabila kita tidak atau membolehkan siswa mengumpulkan tugas ganda
» Pilihlah yes/no pada email alert to teacher, apabila kita tidak/membolehkan pemberitahuan melalui email kepada guru ketika siswa mengumpulkan tugas
» Pilihlah yes/no pada coment inline, apabila kita akan memberikan komentar kepada hasil tugas secara online
» Klik save and return to course atau save to display untuk menyimpan perubahan
» Apabila ada siswa yang telah mengumpulkan tugas, maka dapat dilihat pada sudut atas kanan
Cara menilai tugas sebagai berikut:
» Klik view 1 submitted assignment
» Pilihlah siswa yang telah mengumpulkan tugas
» Klik link tugas yang telah dilakukan
» Nilailah tugas tersebut dengan mengisi grade dan comment pada kotak yang telah tersedia
» Klik update untuk menyelesaikan grade setiap siswa
» Klik save preference untuk menyelesaikan assessment

1.c. Penugasan Offline Activity
Yaitu pemberian tugas dimana pertanyaan atau soal diberikan / dituliskan secara online tetapi pelaksanaan penilaian dilakukan secara langsung di depan kelas. Selanjutnya hasil penilaian dapat dituliskan atau dimunculkan di e-learning
Caranya sebagai berikut :
» Klik drop down Add an Activity
» Pilih offline activity pada Assignment
» Isilah assignment name dengan nama penugasan
» Isilah description dengan kalimat atau keterangan sebagai uraian tentang tugas yang diberikan kepada siswa
» Isilah grade untuk memberikan penilaian maksimal
» Isilah available date untuk menentukan kapan tugas dimulai dan berakhir
» Isilah prevent late submission untuk mengantisipasi siswa yang terlambat menyelesaikan tugas
» Klik save and return to course atau save to display untuk menyimpan perubahan

2. Menambahkan Percakapan (Chat)
Untuk dapat melakukan percakapan dengan teks, baik guru dengan guru atau guru dengan siswa atau antar siswa pada waktu yang bersamaan, maka media ini dapat dipakai. Langkah membuatnya adalah sebagai berikut:
» Pilihlah Chat pada Add an Activity
» Isilah nama of this chat room sesuai topic atau pelajaran
» Isilah introduction text dengan kalimat atau keterangan lain berupa gambar atau animasi lain sebagai uraian diskusi yang diberikan kepada siswa
» Pilihlah next chat time, repeat sessions, save past sessions, everyone can view past session, group mode dan visible to students sesuai dengan kebutuhan.
» Klik save and return to course atau save and display untuk menyimpan perubahan
» Mulailah chat dengan mengundang siswa yang sedang online

3. Menambahkan forum diskusi (forum)
Media berkomunikasi secara tidak langsung pada waktu yang berbeda. Media ini sedikit berbeda dengan chat. Langkahnya adalah:
» Pilihlah Forum pada Add an Activity
» Isilah forum name sesuai topic
» Isilah forum instroduction dengan kalimat, pertanyaan atau keterangan sesuai uraian diskusi yang diberikan
» Pilihlah pertanyaan can a student post to this forum? Force everyone to be subscribed, reading tracking for this forum dan maximum attachment size sesuai dengan kebutuhan
» Klik save and return to course atau save and display untuk menyimpan perubahan
Gunakan track ball atau snow ball untuk meramaikan forum diskusi tersebut