Sesungguhnya bila zaman kali datang hanya harta kekayaan yang dihargai,
Tak perlu dikatakan lagi bahwa orang yang beriman orang yang berani, para pendeta, dan orang-orang pintar, akan mengabdi pada orang kaya.
Segala ajaran pendeta yang suci gaib, diabaikan orang, keluarga dinasti yang baik, dan raja ataupun pemimpin menjad hina papa.
Anak-anak akan menipu dan mengumpat orang tuanya, orang hina dina menjadi saudagar, mendapatkan kemuliaan. (NITISASTRA.IV.7)
Tatkala berlaku jaman kali kekuatan harta yang berkuasa
Dikejar dan diutamaan menguasai keinginan, membuat ke gila-gilaan. Tidak menghiraukan saudara ataupun warga ementingkan diri sendiri. (marayana)
Namun mereka yang teguh iman
Takkan erubah dalam berperilaku,
Dapat menahan kekuatan nafsu indrianya
Menaklukan kekuatan harta
Tetap dijalan yang utama
Darma lah sebagai pelundungnya
(marayana)
Kehidupan di jaman edan amat menyusahkan,
ia mengikuti, tidak tahan jika tidak tiada kebagaiaan akhirnya menjadi kelaparan. Itulah kehendak beliau, namun sebahagia-bahagiaan orang lupa, masih lebih bahagia orang sadar dan waspada (sabdopalon)
apapun yang dilaksanakan membuat kesenangan hati agar tidak menimbulkan persoalan perkara inilah petuah dari dahulu , manusia mesti bericthiar, memilih jalan rahayu serta berbudi pekerti baik selalu sadar dan eling, untuk mendapat tuhan. (sabdopalon)
Jumat, 20 Februari 2009
Jumat, 06 Februari 2009
Sistem Starter
Sistem stater merupak sistem kelistrikan pada kendaraan bermotor yang berfungsi untukmenghasilkan putaran awal saat kendaraan mau dihidupkan. Awal kendaraan diciptakan, cara menghidupkan pertama dengan memutar engkol. Ini masih terbatas pada mesin satu silinder dengan cc kecil. namun tidak demikian untuk mesin bersilinder banyak dengan cc yang besar tentunya karena kekuatan manusia tidak mampu untuk itu. dengan demikian ada sistem yang berfungsi memutar. sistem ini memanfaatkan arus baterai tegangan 12 volt atau 24 volt tergantung kapasitas kendaraan.
Komponen sistem starter sebagai berikut:
1. Baterai berfungsi sebagai sumber tegangan
2. Kunci Kontak berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus dari baterai ke motor stater
2. Kunci Kontak berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus dari baterai ke motor stater
3. Motor stater berfungsi untuk menghasilkan putaran dengan menerapkan prinsip kemagnetan.
Komponen motor stater sbb:
1.Kumparan penahan
2.Kumparan Penarik
3.Switch utama
4.Kumparan Medan
5. Sikat
6. Kopling geser
7. Gigi pinion
8. Armatur
9. Tuas pendorong
10 Rumah motor
Prinsip kerja sebagai berikut:
A. Saat kunci kontak on Kontak Utama OffArus mengalir dari baterai ke kunci kontak (terminal B/30) --> keluar terminal ST--->menuju terminal 50 motor stater -->menuju kumparan penahan langsung dapat masa dan kumparan penarik --->kumparan medan --->sikat --->Komutator-->Armatur--->komutator--.sikat-->massa.
B. Kunci kontak on dan Kontak utama di motor stater on
akibat kedua kumparan dialiri arus menyebabkan terjadinya kemagnetan pada kumparan penahan yang langsung menarik kontak utama sehingga terminal 30 dan terminal C berhubungan. sedangkan kumparan penahan juga terjadi kemangnetan menyebankan tuas pendorong tertari di satu ujung dan di ujung yang lain mendorong kopling geser. Dipihak lain, karena kontak utama sudah berhubungan, maka arus besar mengalir langsung dari terminal positif baterai menuju terminal 30 motor stater terus ke terminal C --->kumparan medan -->sikat-komutator-->armatur-->sikat-->masa. Hal ini menyebabkan terjadi puntiran pada armatur sehinga armatur dapat berputar kencang. selanjutnya putaran ini diteruskan ke gigi pinion. Karena gigi pinion berhubungan dengan flyweel, putaran diteruskan ke flywheel. Flywheel memutar poros engkol. akhirnya mesin bisa berputar. Jika mesin sudah berputar, maka kunci kontak dikembalikan ke posisi IG, sehingga motor stater berhenti berputar.
akibat kedua kumparan dialiri arus menyebabkan terjadinya kemagnetan pada kumparan penahan yang langsung menarik kontak utama sehingga terminal 30 dan terminal C berhubungan. sedangkan kumparan penahan juga terjadi kemangnetan menyebankan tuas pendorong tertari di satu ujung dan di ujung yang lain mendorong kopling geser. Dipihak lain, karena kontak utama sudah berhubungan, maka arus besar mengalir langsung dari terminal positif baterai menuju terminal 30 motor stater terus ke terminal C --->kumparan medan -->sikat-komutator-->armatur-->sikat-->masa. Hal ini menyebabkan terjadi puntiran pada armatur sehinga armatur dapat berputar kencang. selanjutnya putaran ini diteruskan ke gigi pinion. Karena gigi pinion berhubungan dengan flyweel, putaran diteruskan ke flywheel. Flywheel memutar poros engkol. akhirnya mesin bisa berputar. Jika mesin sudah berputar, maka kunci kontak dikembalikan ke posisi IG, sehingga motor stater berhenti berputar.
Sistem Pengisian
Sistem kelistrikan pada kendaraan mobil selain sistem pengapian dan sistem starter adalah sistem pengisian. Sistem ini merupakan sistem yang mempunyai fungsi menyediakan atau menghasilkan arus listrik yang nantinya dimanfaatkan oleh komponen kelistrikan pada kendaraan dan sekaligus mengisi ulang arus pada baterai.
Baterai pada kendaraan merupakan sumber listrik arus searah. Sifat muatannya adalah akan habis jika dipakai terus secara kontinu. Padahal keperluan arus listrik bagi perlengkapan kendaraan adalah setiap saat,utamanya akan banyak dihabiskan oleh sistem starter. Muatan listrik baterai akan berkurang bahkan habis apabila komponen kelistrikan kendaraan dihidupkan saat mesin mati.
Dengan demikian agar baterai selalu siap pakai dalam arti muatannya selalu penuh, maka harus ada suatu sistem yang dapat mengisi ulang muatan. Nah sistem pengisian inilah yang mempunyai fungsi tersebut.Sistem pengisian bekerja apabila mesin dalam keadaan berputar. Selama mesin hidup sistem pengisian yang akan menyuplai arus listrik bagi semua komponen kelistrikan yang ada, namun jika pemakaian arus tidak terlalu banyak dan ada kelebihan arus, maka arus akan mengisi muatan di baterai. Dengan demikian baterai akan selalu penuh muatan listriknya. Arus yang dihasilkan oleh sistem pengisian adalah arus bolak balik. Padahal semua sistem dan komponen kelistrikan kendaraan memakai arus searah. Diodalah yang berfungsi menyearahkan arus bolak balik.
Adapun komponen sistem pengisian adalah sebagai berikut:1. Baterai, sebagai sumber arus dan media penyimpanan arus pengisian2. Kunci Kontak, sebagai pemutus dan penghubung arus dari baterai ke regulator3. Lampu Indikator Pengisian, sebagai pengontrol adanya pengisian4. Regulator, sebagai pengontrol arus dan pembatas tegangan pengisian5. Alternator, sebagai pembangkit arus.
Adapun bagian-bagian dari alternator sebagai berikut:a. Kipas, sebagi pendinginb. Pully, sebagai tempat v-beltc. Stator, merupakan lilitan yang diamd. Rotor, merupakan lilitan yang bergerake. sikat, sebagai penghantar arusPrinsip kerja:Alternator digerakkan oleh mesin melalui v-belt. JIka arus dari baterai mengalir ke rotor melalui regulator, maka akan terjadi kemagnetan pada lilitan rotor. Selanjutnya jika mesin berputar, rotor juga berputar. Hal ini menyebabkan terjadinya induksi tegangan dari rotor ke kumparan stator. Pada kumparan stator akan dibangkitkan tegangan arus bolak balik yang selanjutnya disearahkan oleh dioda. Arus yang sudah disearahkan akan disalurkan ke baterai. Adapun pengaturan besar kecilnya tegangan pengisian diatur oleh regulator.
gambar komponen alternator
Gambar rangkaian sistem pengisian
Kamis, 22 Januari 2009
Pelatihan aassesor telematika
dunia pendidikan yang kesehariannya berkaitan dengan proses pembelajaran. Untuk dapat mengetahui sejauhmana pembelajaran berjalan efektif dilakukannlah penilaian. sebagai pengajar atau guru akan mampu membuat penilaian seobjektif mungkin, namun terkadang kita masih belum bisa membuat penilaian yang benar-benar bagus. Katakan saja kalau membuat soal ujian praktek yang notabene harus menilai sikap, proses dan hasil. kita hanya terpaku dengan hasil saja atau proses saja. adapun sola yang kita buat masih berdasarkan apa yang menjadi keinginan kita, tanpa memperhatikan sejauh mana kebutuhan dunia usaha atau dunia industri. pernahkah kita bertanya, apa sajakah yang diinginkan oleh DU/DI?
Dengan adanya pelatihan tentang metodologi penilaian, saya baru terbuka mata saya bahwa selama ini saya membuat soal atau mengadakan penilaian masih jaruh dari sempurna. Penilaian harus mengacu pada Standar KOmpetensi Kerja Nasional yang merupakan standar yang diharapkan dan ditetapkan oleh duia industri. kita harus bisa membuat penilaian yang dapat menggali semua kemampuan siswa yang berkaitan denganbidangnya.
dunia global yang menyebabkan persaingan semakin bebas, menuntut semua calon pekerja selain mampu atau mempunyai kompetensi dibidangnya, mereka juga harus mempunyai bukti dari kemampuan yang dimilikinya yaitu berupa sertifikat pengakuan oleh umum.
LSP telematika salah satunya memberikan sertfikaat pengakuan kompetensi dibidang penguasaan IT (Informasion Teknologi)
Dengan adanya pelatihan tentang metodologi penilaian, saya baru terbuka mata saya bahwa selama ini saya membuat soal atau mengadakan penilaian masih jaruh dari sempurna. Penilaian harus mengacu pada Standar KOmpetensi Kerja Nasional yang merupakan standar yang diharapkan dan ditetapkan oleh duia industri. kita harus bisa membuat penilaian yang dapat menggali semua kemampuan siswa yang berkaitan denganbidangnya.
dunia global yang menyebabkan persaingan semakin bebas, menuntut semua calon pekerja selain mampu atau mempunyai kompetensi dibidangnya, mereka juga harus mempunyai bukti dari kemampuan yang dimilikinya yaitu berupa sertifikat pengakuan oleh umum.
LSP telematika salah satunya memberikan sertfikaat pengakuan kompetensi dibidang penguasaan IT (Informasion Teknologi)
Kamis, 08 Januari 2009
Tahun Baru 2009
Jika waktu tidak dirasakan, waktu tidak pernah mau menunggu kita dalam segala aktivitas. sedikit kita lengah, waktu akan terus meninggalkan kita. oleh karena itu, sudah saatnya kita memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisiean. tahun berganti begitu cepat, serasa belum puas menatap mentari di tahun 2008, sekarang kita sudah berpijak di tahun 2009. sudah banyak hal dilalui namun akan banyak pula yang akan kita lalui. semoga kesuksesan dan hal baik selalu menyertai kita.
Di Bali, tahun 2009 diawali dengan Hari Raya Saraswati yaitu hari lahirnya ilmu pengetahuan. bahwa kita hidup akan selalu memerlukan panduan melalui iptek. di hari itu kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan supaya Ilmu dan Pengetahuan yang kita pelajari lebih bermanfaat dan berguna sepanjang masa.
Hari Raya yang tidak kalah pentingnya adalah Hari Pagerwesi dengan makna bahwa di hari ini kita harus lebih waspada dan menggunakan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sanghyang Widhi Wasa supaya selalu diberi perlindungan. Pagerwesi yaitu sebuah pagar dari besi. Bahwa untuk selalu berada dalam keselamatan, kita harus memagari diri kita dengan kewaspadaan, rasa bakti kepada Tuhan, Instropeksi diri supaya kita tidak mudah terjerumus ke hal/keadaan yang buruk.
Good Luck for us !!!
Di Bali, tahun 2009 diawali dengan Hari Raya Saraswati yaitu hari lahirnya ilmu pengetahuan. bahwa kita hidup akan selalu memerlukan panduan melalui iptek. di hari itu kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan supaya Ilmu dan Pengetahuan yang kita pelajari lebih bermanfaat dan berguna sepanjang masa.
Hari Raya yang tidak kalah pentingnya adalah Hari Pagerwesi dengan makna bahwa di hari ini kita harus lebih waspada dan menggunakan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sanghyang Widhi Wasa supaya selalu diberi perlindungan. Pagerwesi yaitu sebuah pagar dari besi. Bahwa untuk selalu berada dalam keselamatan, kita harus memagari diri kita dengan kewaspadaan, rasa bakti kepada Tuhan, Instropeksi diri supaya kita tidak mudah terjerumus ke hal/keadaan yang buruk.
Good Luck for us !!!
Kamis, 04 September 2008
Pembelajaran berbasis IT
PErkembangan teknologi disegala bidang sangatlah pesat. Banyak kemudahan yang diberikan kepada kita tapi terkadang banyak masalah yang ditimbulkan. semua itu kembali lagi kapada siapa pemakai teknologi tersebut. Kita harus bisa mengontrol penggunaan ataupun pemanfaatan sebuah teknologi. Pemanfaatan teknologi yang tidak kalah pentingnya adalah dalam bidang pengajaran. sebagai seorang pengajar atau pendidik, memang tidak bisa menghindar untuk memanfaatkan atau menggunakan sebuah atau lebih teknologi. Selain untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran tapi juga daya tangkap siswa terhadap pelajaran juga semakin cepat karena lebih menarik dan mudah dipahami. contoh penggunaan LCD proyektor dalam penyampaian materi. dengan media ini kita bisa menayangkan sebuah animasi, gambar, maupun wallchart yang menarik. penjelasan tentang cara kerja sebuah sistem akan lebih mudah. guru juga tidak perlu menggambar di papan sehingga wktu lebih banyak untuk menjelaskan materi. Gambar juga dapat kita download di internet, sehingga selalu up to date.
contoh lain yang lebih sederhana adalah penggunaan OHP untuk menayangkan transfaransi. namun yang menjadi kendala sementara ini adalah selain media belum mencukupi juga beberapa tenaga pengajar masih belum menguasai dalam penggunaan beberapa alat atau komputer. ini menjadi tantangan bagi kita semua.semoga dunia pendidikan terus berkembang.
Senin, 07 April 2008
Sistem Pengapian
Sistem pengapian (ignition system) merupakan salah satu sistem yang ada pada sebuah kendaraan bermotor. sistem ini berfungsi merubah arus listrik DC 12 Volt yang diterima dari baterai menjadi tegangan tinggi (10 KV atau lebih) untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada celah busi.
Sistem pengapian ini digunakan khusunya kendaraan berbahan bakar bensin. Hal ini disebabkan karena pada motor bensin, campuran bahan bakar dengan udara yang dikompresikan pada ruang bakar tidak bisa terbakar jika tidak ada percikan bunga api. Dengan demikian pada motor bensin diperlukan sistem pengapian agar dapat menghasilkan percikan bunga api busi melalui busi.Namun pada kendaraan berbahan bakar diesel, itu tidak memakai sistem pengapian karena udara yang dikompresi dapat menghasilkan panas yang tinggi, sehingga pada akhir kompresi diinjeksikan bahan bakar, maka langsung dapat terbakar oleh panas yang dihasilkan oleh udara yang dikompresi tersebut.
komponen sistem pengapian secara umum sebagai berikut; baterai, kunci kontak, koil, platina, kondensor, distributor, busi.
Fungsi dari masing-masing komponen pengapian konvensional yaitu:
1. baterai berfungsi sebagai sumber arus tegangan rendah
2. Kunci Kontak berfungsi sebagai pemutus dan penyambung arus dari baterai ke koil pengapian
3. Koil berfungsi sebagai pembangkit arus tegangan tinggi sekitar 15.000 - 20.000 volt
4. Platina berfungsi sebagai pemutus arus dan penghubung arus primer dari negatif koil ke massa
5. Kondensor berfungsi sebagai penyerap terjadinya loncatan bunga api pada celah platina, serta berfungsi memperkuat kemagnetan pada lilitan primer setelah platina menutup.
6. Distributor berfungsi sebagai pengatur aliran tegangan tinggi ke masing-masing busi sesuai dengan urutan pengapian (Firing Order)
7. Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan bunga api pada ruang bakar.
Langganan:
Postingan (Atom)