Kamis, 03 Desember 2009

10 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak

Otak merupakan pusat kendali pesawat kehidupan manusia. jika ada bagian otak yang bermasalah, maka boleh dibilang seluruh keberadaan dan segala aktivitas orang bakal ikut bermasalah. oleh karena itu, bahkan ini penting untuk anak atau remaja, bukanlah sebuah hal yang berlebihan jika kita menyayangi otak. caranya cukup hindari sepuluh kebiasaan buruk berikut ini :
1. Tidak sarapan ==> Tidak sarapan atau tidak mengkonsumsi sesuatu dipagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berkahir pada kemunduran otak. sarapan yang terbaik dipagi hari bukanlah makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas ju buah segar. ringkas dan berguna untuk tubuh
2. Kebanyakan Makan ==>Terlalu banyak makan juga tidak bagus. hal ini dapat mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental.
3. Kebiasaan Merokok ==> Pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok, otaknya lama-kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya.
4. Banyak Gula ==>Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi, sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. karena itu kurangi konsumsi makanan manis.
5. Polusi Udara ==> Otak memerlukan oksigen. terlalu lama berada di lingkungan berpolusi membuat kerja oyak tidak efisien.
6. Kurang Tidur ==> Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. kurang tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. kebanyakan tidur juga bisa membuat orang menjadi pemalas. Makanya, tidurlah 6-8 jam sehari agr tubuh sehat dan bugar.
7. Tutup Kepala ==> Tidur dengan kepala yang ditutupi sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar, lama-kelamaan menjadi rusak.
8. Berpikir saat Sakit ==> berpikir terlalu keras ketika sedang sakit, bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidak efektifan otak.
9. Kurang Stimulasi ==> Kurang stimulasi otak atau kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. rajin membaca, mendengar musik dan bermain catur, dan lain-lain akan membuat otak terbiasa berpikir aktif dan kreatif.
10. Jarang Berbicara ==> Percakapan intelektual membawa efek bagus pada kerja otak. jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam, perbanyaklah berbicara. obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan. (Bali post, 28 November 2009)

Tidak ada komentar: